RSS

Rabu, 01 September 2010

Sejarah SMANZA Balikpapan,

SMU Negeri I Balikpapan didirikan pada tanggal 2 Agustus 1960 dengan nama SMA ABC yang didirikan oleh beberapa pihak yang sadar tentang betapa pentingnya memajukan pendidikan di Negara yang kita cintai terkhusus di Kota balikpapan.


Pendiri SMU Negeri I Balikpapan ini adalah : Dari pihak PGRI adalah Bapak Sanusi, dan Bapak Kariowiti , dari Yayasan Pekampungan Pelajar adalah Bapak Mewengkang, dari Pertamina Balikpapan adalah Bapak Pliton, dan dari pihak Kodim adalah Bapak Kolonel Ali Usman.


Hingga kini SMU Negeri I Balikpapan sudah meluluskan sekitar 37 Angkatan dengan jumlah siswa kurang lebih 7.392 orang(data tahun 2000). SMU Negeri Satu Balikpapan beralamat di Jalan K.P Tendean No. 60 Balikpapan, sekolah ini berada di perkampungan pelajar di katakan perkampungan pelajar karena kampung tersebut dipadati oleh sekolah-sekolah dari berbagai tingkatan, sperti : SD YBBSU , SD Negeri 001, SD Negeri 061, SLTP Negeri 1,2,12, Al Hasan, YPI, Sinar pancasila,, SMU Negeri 5, YPI, Al Hassan, praja Muda, Advent.

Dengan banyaknya sekolah yang berada di sekitar SMU Negeri I Balikpapan, tentunya SMU ini ingin menunjukan jati dirinya dengan satu prinsip mari maju bersama dan menyiapkan program yang mantap, dari tahun 1996, SMU Negeri I Balikpapan mulai menyusun program peningkatan mutu dengan cara mengadakan bimbingan Belajar efektif dengan cara menambah jam pelajran untuk jam jam pelajaran fisika, kimia, matematika, biologi, bahasa indonesia, bahasa inggris, ekonomi, sosiologi, ppkn, setiap minggu 10 jam, serta melengkapi sarana, prasarana yang ada.

Dibidang ekstra kulikuler di sepuluh cabang ekstra kurikuler ternyata menunjukan hasil yang memuaskan, terbukti setiap tahun mulai tahun 1996, s.d 1998 siswa SMU negeri I meloloskan siswanya ketingkat nasional, demikian pula dengan paskibrakanya setiap tahun pula secara bergilir pelajar laki dan perempuan terpilih mewakili propinsi Kalimantan Timur.


Upaya lainnya yang dilakukan BP3 SMU Negeri I Balikpapan, menghimpun orang tua yang berada untuk meminjamkan keungaannya kepada BP3 sebesar Rp.5.000.000 s.d Rp.10.000.000 kepada BP3, selama putranya bersekolah di SMU negeri I Balikpapan dengan imbalan jika putranya sekolah di sana tidak akan terkena biaya apapun.- dengan demikian tidak terlalu berat untuk membayar uang BP3 (rika)

http://smanzabpp.s5.com/sejarah.html

0 komentar:

Posting Komentar